Mahasiswa S2 Pendidikan Seni dalami “SENI” di UPI BANDUNG

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Seni (PSN) UNY mengadakan studi banding ke Program Studi Magister Pendidikan Seni UPI Bandung dalam rangka memperdalam ilmu mengenai kekaryaan dan filsafat seni. Studi banding tersebut berlangsung tanggal 17 sampai dengan 18 Desember 2015.

Selama berada di UPI Bandung, seluruh mahasiswa PSN PPs UNY diperkenankan mengikuti perkuliahan Filsafat Seni yang didampingi oleh Prof. Drs. Jakob Sumardjo. Pada kesempatan tersebut, Prof. Drs Jakob Sumardjo menekankan materi perkuliahan mengenai being, knowing, dan sebuah ‘keapaan’ karya seni dalam suatu kebudayaan. Prof. Jacob menjelaskan bahwa sebuah kebudayaan yang dihasilkan oleh populasi manusia menjadi ciri khas serta panduan hidup dalam lingkungan masyarakat tersebut.

Selain mengikuti kelas Filsafat Seni, peserta studi banding juga mengikuti perkuliahan kekaryaan seni yang diampu oleh Dr. Tri Karyono. Selama perkuliahan berlangsung, Dr. Tri Karyono menjelaskan mengenai substansi mata kuliah kekaryaan seni yang merupakan mata kuliah riset. Riset dalam mata kuliah kekaryaan seni tersebut diperoleh dari fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar dan kemudian dikaitkan dengan kajian seni. Latar belakang riset tersebut yaitu melihat Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan tradisi, sedangkan karya biasanya berasal dari tradisi-tradisi tersebut. Karya yang dihasilkan kemudian diolah menjadi karya seni yang dikemas dalam bentuk video.

Setelah mengikuti perkuliahan, kegiatan studi banding ditutup dengan tour keliling kampus UPI Bandung. Seluruh mahasiswa peserta studi banding memanfaatkan momen tersebut dengan mengunjungi perpustakaan UPI Bandung untuk mencari referensi sebagai bekal mereka dalam penyusunan tesis pada semester akhir nanti. (Andrilia)