You are here

Mengoptimalkan Bimbingan dengan Sarasehan Analisis Data Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Bidang ilmu ini dipergunakan pada hampir semua disiplin ilmu. Dalam dunia pendidikan, bidang ilmu ini biasanya diperlukan dalam rangkaian penelitian dan penyelesaian tugas akhir seorang mahasiswa. Salah satu disiplin ilmu yang mempergunakan pengetahuan statistika adalah bidang pendidikan seni.

Program Pascasarjana telah 3 (tiga) tahun menyelenggarakan kegiatan akademik pada prodi S2 Pendidikan Seni (PSn). Dalam menyelesaikan tugas akhir/tesis, mahasiswa PSn akan berhubungan dengan dosen pembimbing untuk melakukan penelitian yang tentunya berkaitan dengan data statistik.

Dalam pelaksanaan proses pembimbingan tesis Prodi S2 PSn, masih ditemukan berbagai permasalahan. Permasalahan tersebut antara lain adanya perbedaan pemahaman analisis data statistik oleh dosen pembimbing tesis sehingga proses pembimbingan belum berjalan secara optimal. Oleh kerena itu, diperlukan adanya penyegaran pemahaman analisis data statistik untuk dosen pembimbing tesis.

Pada Kamis, 1 Desember 2016, kaprodi PSn, Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati mengumpulkan seluruh dosen pembimbing tesis dalam forum Sarasehan Analisis Data Statistik. Kegiatan ini diperlukan untuk menciptakan persamaan pemahaman analisis data statistik untuk dosen pembimbing. Selain itu, menurut Guru Besar Pendidikan Seni Rupa FBS UNY ini, para dosen dikumpulkan juga untuk menggali dan mengumpulkan permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul mengenai segala sesuatu yang berhubungan proses pembimbingan tesis mahasiswa.
“Kami mohon kerjasama Bapak Ibu untuk berkenan berkomunikasi secara langsung dalam pemecahan permasalahan pembimbingan tesis sehingga proses pembimbingan bisa berjalan secara optimal untuk mendukung percepatan studi mahasiswa, “imbuhnya.

Selanjutnya, dalam forum ini para dosen pembimbing disuguhi dengan paparan dari para pakar statistika. Kaprodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. menjelaskan tantang alur pengolahan data penelitian mulai dari paradigma, pendekatan, dan metode penelitian, observasi, pengolahan data hingga didapat sebuah kesimpulan. Selain itu, beliau juga memperjelas hal-hal yang berkaitan dengan dunia statistik seperti populasi, sample, pengukuran, hipotesis, uji hubungan, dan contoh kesalahan sampleserta kesalahan sample.

Narasumber kedua, seorang guru besar dari UMS Surakarta, Prof. Kumaidi, Ph.D yang menjelaskan tentang “Beberapa Catatan dalam Analisis Instrumen Penelitian”. Tiga hal pokok yang wajib diketahui  dalam analisis instrumen adalah validitas, reliabilitas, dan butir. Tahap pengembangan instrumen dimulai dari pendefinisian variabel yangakan diukur secara normatif dan operasional, selanjutnya menetapkan indikator  untuk mengembangan stimulus yang harus direspon responden. Normatif artinya bersandar pada kajian teoretik menurut ahli bidang yang dikaji. Sedangkan operasional adalah menetapkan komponen dan aspek-aspek yang membentuk variabel yang dikembangkan instrumennya, membatasi cakupan setelah diketahui.

Selanjutnya, beliau juga menyampaiakn hal yang salah kprah dalam analisis instrumen antara lain banyak yang menggunakan korelasi skor butir dan skor total (instrumen) dalam Indeks validitas butir, Banyak yang menggunakan statistik “t-tes” dalam Kebermaknaan Koefisien Reliabilitas. Presentasi  pakar psikometri ini diakhiri dengan tanya jawab tentang pengalaman bimbingan tugas akhir mahasiswa khususnya dalam hal analisis data penelitian.

Acara sarasehan dilanjutkan dengan pertemuan antara dosen dan mahasiswa bimbingannya untuk mengetahui progress penelitian tugas akhirnya.(Rubiman).

 

PENGUMUMAN

Kontak Kami

PROGRAM STUDI S-2 PENDIDIKAN SENI

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 400; & 453
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Email : prodipps.uny@gmail.com

CP : Sujarwo (081578886039)