PRODI PENDIDIKAN SENI PPS UNY TERIMA KUNJUNGAN KKL UM

Kamis (29/1), Prodi Pendidikan Seni Program Magister Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta menerima rombongan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Keluarga Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Dengan didampingi oleh Dr. Moeljadi Pranata selaku Koordinator Prodi Keguruan Seni Rupa, sebelas mahasiswa UM melaksanakan KKL dengan agenda menggali informasi mengenai penatalaksanaan program pendidikan seni rupa bagi guru-guru.

Setibanya di UNY, rombongan KKL UM diterima langsung oleh Kaprodi S-2 Pendidikan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati di Ruang 103 Gedung Utara PPs UNY. Acara dibuka dengan sambutan dari masing-masing Kaprodi. Sebagai wakil pemateri dari Prodi Pendidikan Seni Rupa PPs UNY adalah Dr. Hajar Pamadhi. Dalam kesempatan tersebut belau memaparkan beberapa materi antara lain,  1) Pedidikan seni rupa yang ideal untuk saat ini dan masa yang akan datang, 2) Kurikulum yang digunakan dalam program pascasarjana pendidikan seni UNY, 3) Sistem pembelajaran seni rupa yang diterapkan oleh PPs UNY, 4) Paradigma pendidikan seni rupa, 5) Psikologi seni rupa yang diterapkan oleh PPs UNY.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan sharing terkait tentang kegiatan perkuliahan yang mencakup proses pembelajaran, karakter jurusan dan kendala yang dihadapi oleh Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta serta langkah-langkah yang di ambil untuk menghadapi masa masyarakat ekonomi ASEAN yang masuk pada masyarakat kreatif di Indonesia. Tidakhanya mendapatkan ilmu melalui agenda sharing, rombongan KKL UM juga mengunjungi Museum Pendidikan Indonesia (MPI) dan Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta untuk melihat secara langsung fasilitas pembelajaran UNY.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak PPs UNY ke pihak UM.  Semoga dengan adanya kegiatan ini informasi yang berharga dapat diterima oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Yogyakarta dapat bersinergi untuk tindak lanjut dalam program kerja sama selanjutnya. (Dedy Sartono)